Kamis, 11 April 2013

KATURANGGA AYAM SURO / AYAM YANG MEMPUNYAI DAYA MISTIK

ayam Suro Katurangga Ayam suro merupakan ayam yang memiliki daya mistik dan mempunyai ciri-ciri yang tidak semestinya ada pada ayam lain secara umum. konon ayam suro memiliki kekuatan mistik dan derajat yang lebih tinggi dibanding ayam lainnya sehingga ayam suro hanya bisa dilawan dengan ayam suro lainnya. karena bila ayam suro dilawan dengan ayam yang tidak memiliki unsur ciri ayam suro maka konon ayam lawan akan kalah tanpa sebab yang tidak jelas. Ciri-ciri katurangga ayam suro yang dimaksud diatas adalah sebagai berikut:

Suro Cepaka : Apabila ayam ber'Ules Wido cepaka (bulu ayam yang berwarna putih kehijauan), Buntut mubal (ekor ayam yang terdiri atas warna hitam & putih), jalu cantel (jalu yang bentuknya melengkung keatas), jengger tigan (jengger yang berbelah 3).

1. Suro Watu: Apabila dibawah jalu ayam terdapat benjolan seperti batu.

2. Suro Ireng : Apabila ayam berwarna hitam, rawis & wiring merah hati (ules Galih), dengan mata hitam, jengger tigan (jengger berbelah 3), jalu panjang tapi tidak tajam dan kakinya berwarna hitam.

3. Suro Bungkus : Apabila ayam ber'Ules blorok, berkaki hitam, berjalu bungkus.

4. Suro Kopyor : Bila saat ayam dipegang lalu di goyang maka akan terdengar seperti ada air ditubuh ayam.

5. Suro Pengantin : Bila terdapat 2 bulu pada bagian ekor yang menjulang lebih panjang dari bulu lainnya Suro Petir : Bila sisik pada jari tengah ayam pecah terbagi 2

6. Suro Dukun : Bila terdapat 1 bulu pada bagian ekor yang menjulang lebih panjang dari bulu lainnya

7. Suro Rembes : Bila mata ayam terlihat seperti ayam sedang sedih/menangis

8. Suro Tanjung Karang : Bila ayam memiliki jalu susun

9. Suro Teleh : Bila ayam memiliki dua teleh KATURANGGA AYAM SURO / AYAM YANG MEMPUNYAI DAYA MISTIK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar